Langsung ke konten utama

Visual Basic 2010 Pelajaran 2 - Bekerja dengan Mengontrol

Kontrol dalam Visual Basic 2010 adalah alat yang dapat ditempatkan dalam bentuk untuk melakukan berbagai tugas. Kita dapat menggunakannya untuk membuat segala macam aplikasi Windows. Diagram di bawah ini menunjukkan Toolbox yang berisi kontrol dari Visual Basic 2010. Mereka dikategorikan ke dalam Controls umum, Containers, Menu, Toolbar, Data, Komponen, percetakan dan Dialog. Pada saat ini, kita akan fokus pada kontrol umum. Beberapa yang paling umum adalah menggunakan kontrol Button, Label, ComboBox, ListBox, PictureBox, TextBox dan banyak lagi.

Untuk memasukkan kontrol ke formulir Anda, Anda hanya perlu untuk menyeret kontrol dari kotak alat dan menjatuhkannya ke dalam formulir. Anda dapat reposisi dan mengubah ukurannya yang Anda inginkan. Mari kita memeriksa beberapa contoh yang memanfaatkan Button, Label, TextBox, ListBox dan PictureBox. Anda tidak perlu khawatir begitu banyak tentang kode namun karena saya akan menjelaskan sintaks program karena Anda maju ke pelajaran nanti.


Ketika Anda mengklik pada tab Toolbox, kontrol umum Toolbox akan muncul.


2.1 Membuat program pertama Anda
Untuk membuat program pertama Anda, tarik tombol kontrol ke dalam formulir, dan mengubah teks default Button1 untuk OK di jendela properti, kata OK akan muncul pada tombol dalam bentuk, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:



Sekarang klik pada tombol OK dan jendela kode muncul. Masukkan kode sebagai berikut:


Ketika Anda menjalankan program dan klik pada tombol OK, kotak dialog akan muncul dan menampilkan "WELCOME TO VISUAL BASIC 2010" pesan, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:


Ada Anda, Anda telah membuat program pertama Anda Visual Basic 2010.
2.2 Menggunakan Text Box
Berikutnya saya akan menunjukkan cara untuk membuat sebuah kalkulator sederhana yang menambahkan dua angka menggunakan kontrol TextBox. Dalam program ini, Anda memasukkan dua kotak teks, tiga label dan satu tombol. Dua kotak teks bagi pengguna untuk memasukkan dua nomor, satu label adalah untuk menampilkan operator penambahan dan label lainnya adalah untuk menampilkan tanda sama. Label terakhir adalah untuk menampilkan jawabannya. Sekarang mengubah label pada tombol untuk Hitung, kemudian klik pada tombol ini dan masukkan kode berikut:
Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
Dim num1, num2, product As Single
num1 = TextBox1.Text
num2 = TextBox2.Text
product = num1 + num2
Label1.Text = product
End Sub
Ketika Anda menjalankan program dan memasukkan dua nomor, menekan tombol menghitung akan memungkinkan program untuk menambahkan dua angka.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMBUAT 001 DI EXCEL

Kali ini saya akan memberitahu kalian bagaimana cara membuat angka 001 di excel. Kita dapat menggunakan 2 cara, yaitu mengubah angkanya menjadi huruf dan mengatur formatnya. Cara pertama (Mengubah angka menjadi huruf) Ketikkan ‘001 pada salah satu kolom yang anda inginkan Maka hasilnya seperti yang di bawah ini : Cara Kedua (Mengatur Formatnya) Klik kanan pada salah satu kolom>>Format Cells>>Number>>Custom Atur sebelah bagian type sebelah kanan menjadi 000 dan klik OK Hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini : Download tutorial PDFnya di sini TERIMAKASIH TELAH MEMBACA SEMOGA DAPAT SANGAT BERMANFAAT JIKA ADA YANG MASIH BINGUNG TANYAKAN SAJA DI KOMENTAR

Download vidio di YOUTUBE tanpa software

hello gun apa kabar semua, kalian pasti pernahkan menonoton vidio di youtube dan saat kalian ingin mendownload vidionya tapi malas menginstal software lagi, tenang gan sekarang kita bisa mendownload vidio di youtube tanpa di bantu software lain langsung pake browser aja, langsung aja. pertama silahkan agan membuka vidio youtube yang anda ingin download. contohnya saya akan mendownload vidio Love Again dari Pentatonix copy link vidio yang agan buka tadi  kemudian buka  http://en.savefrom.net/  sebagai browser yang daoat mendownload vidio tersebut pastekan link yang agan copy tadi dan klik download, maka hasilnya akan seperti yang di bawah ini  kalo sudah seperti ini agan tinggal pilih kualitas vidio yang agan ingin download, gampang kan. TERIMAKASIH TELAH MEMBACA SEMOGA DAPAT SANGAT BERMANFAAT JIKA ADA YANG MASIH BINGUNG TANYAKAN SAJA DI KOMENTAR

Contoh Database ERD Untuk Toko Apotik

Dibawah ini adalah Contor Database ERD Untuk Toko Apotik Untuk Lebih Lengkapnya Baca Link Sumber di Bawah Ini: SUMBER : http://arsyil.blogspot.com/2010/12/contoh-studi-kasus-basis-data-database.html http://arsyil.blogspot.com/2010/12/contoh-diagram-e-r-basis-data-apotek.html http://website-inspirasi.blogspot.com/2014/01/contoh-database-erd-untuk-toko-apotik.html