Langsung ke konten utama

Visual Basic 2010 Pelajaran 3 - Bekerja dengan Kontrol Properti

3.1 Kontrol Properti di VB2010
Sebelum menulis prosedur event untuk kontrol dalam Visual Basic 2010 untuk menanggapi masukan pengguna, Anda harus mengatur properti tertentu untuk kontrol untuk menentukan penampilan dan bagaimana ia akan bekerja dengan event prosedur. Anda dapat mengatur properti dari kontrol pada jendela properti pada waktu desain atau runtime. Gambar 3.2 di sebelah kanan adalah jendela properti khas untuk bentuk dalam Visual Basic 2010 IDE:


Judul formulir ditentukan oleh properti Text dan nama default adalah Formulir 1. Untuk mengubah judul form untuk setiap nama yang Anda sukai, klik sederhana dalam kotak di sebelah kanan properti Text dan ketik nama baru, dalam contoh ini, judul Penambahan Kalkulator. Perhatikan bahwa judul ini akan muncul di atas jendela. Di jendela properti, item muncul di bagian atas adalah objek yang sedang dipilih (pada Gambar 3.1, objek yang dipilih adalah Form1). Di bagian bawah, item yang tercantum di kolom kiri merupakan nama-nama berbagai properti yang berhubungan dengan objek yang dipilih sedangkan item yang tercantum di kolom kanan mewakili negara bagian properti.


Properti dapat diatur dengan menyorot item dalam kolom kanan kemudian mengubahnya dengan mengetikkan atau memilih pilihan yang tersedia. Anda juga dapat mengubah sifat-sifat lain dari bentuk seperti font, lokasi, ukuran, warna foreground, warna latar belakang, MaximizeBox, MinimizeBox dan lain-lain Anda juga dapat mengubah properti dari objek saat runtime untuk memberikan efek khusus seperti perubahan warna, bentuk, efek animasi dan sebagainya.
Sebagai contoh kode berikut akan mengubah warna bentuk menjadi kuning setiap kali bentuk yang dimuat. Visual Basic 2010 menggunakan RGB (Red, Green, Blue) untuk menentukan warna. The RGB kode untuk kuning 255,255,0. Saya dalam kode merujuk ke bentuk saat ini dan Backcolor adalah milik warna latar belakang form. Rumus untuk menetapkan warna RGB ke bentuk adalah Color.FormArbg (kode RGB). Prosedur acara adalah sebagai berikut:
Public Class Form1 Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
Me.BackColor = Color.FromArgb(255, 0, 255)
End Sub
End Class
Anda juga dapat menggunakan prosedur berikut untuk menetapkan warna pada waktu berjalan.
Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
Me.BackColor = Color.Magenta
End Sub
Kedua prosedur di atas akan memuat formulir dengan latar belakang magenta sebagai berikut:


Berikut adalah beberapa warna yang umum dan sesuai kode RGB. Anda dapat selalu bereksperimen dengan kombinasi lainnya, tapi ingat jumlah maksimum untuk setiap warna adalah 255 dan jumlah minimum adalah 0.



Berikut ini adalah program lain yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan kode RGB menjadi tiga kotak teks yang berbeda dan ketika dia mengklik tombol layar warna, warna latar belakang formulir akan berubah sesuai dengan kode RGB. Jadi, program ini memungkinkan pengguna untuk mengubah properti warna formulir di run time.


kode
Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
Dim rgb1, rgb2, rgb3 As Integer
rgb1 = TextBox1.Text
rgb2 = TextBox2.Text
rgb3 = TextBox3.Text
Me.BackColor = Color.FromArgb(rgb1, rgb2, rgb3)
End Sub

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMBUAT 001 DI EXCEL

Kali ini saya akan memberitahu kalian bagaimana cara membuat angka 001 di excel. Kita dapat menggunakan 2 cara, yaitu mengubah angkanya menjadi huruf dan mengatur formatnya. Cara pertama (Mengubah angka menjadi huruf) Ketikkan ‘001 pada salah satu kolom yang anda inginkan Maka hasilnya seperti yang di bawah ini : Cara Kedua (Mengatur Formatnya) Klik kanan pada salah satu kolom>>Format Cells>>Number>>Custom Atur sebelah bagian type sebelah kanan menjadi 000 dan klik OK Hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini : Download tutorial PDFnya di sini TERIMAKASIH TELAH MEMBACA SEMOGA DAPAT SANGAT BERMANFAAT JIKA ADA YANG MASIH BINGUNG TANYAKAN SAJA DI KOMENTAR

Download vidio di YOUTUBE tanpa software

hello gun apa kabar semua, kalian pasti pernahkan menonoton vidio di youtube dan saat kalian ingin mendownload vidionya tapi malas menginstal software lagi, tenang gan sekarang kita bisa mendownload vidio di youtube tanpa di bantu software lain langsung pake browser aja, langsung aja. pertama silahkan agan membuka vidio youtube yang anda ingin download. contohnya saya akan mendownload vidio Love Again dari Pentatonix copy link vidio yang agan buka tadi  kemudian buka  http://en.savefrom.net/  sebagai browser yang daoat mendownload vidio tersebut pastekan link yang agan copy tadi dan klik download, maka hasilnya akan seperti yang di bawah ini  kalo sudah seperti ini agan tinggal pilih kualitas vidio yang agan ingin download, gampang kan. TERIMAKASIH TELAH MEMBACA SEMOGA DAPAT SANGAT BERMANFAAT JIKA ADA YANG MASIH BINGUNG TANYAKAN SAJA DI KOMENTAR

Contoh Database ERD Untuk Toko Apotik

Dibawah ini adalah Contor Database ERD Untuk Toko Apotik Untuk Lebih Lengkapnya Baca Link Sumber di Bawah Ini: SUMBER : http://arsyil.blogspot.com/2010/12/contoh-studi-kasus-basis-data-database.html http://arsyil.blogspot.com/2010/12/contoh-diagram-e-r-basis-data-apotek.html http://website-inspirasi.blogspot.com/2014/01/contoh-database-erd-untuk-toko-apotik.html